Minggu, 24 Juli 2011

Perkalian Mudah dengan Metode Garis (bag 1)

Materi perkalian telah diajarkan pada kelas 2 SD/MI, meskipun masih dalam tingkat penanaman konsep. Mengajarkan perkalian kepada anak tingkat dasar semestinya memperhatikan perkembangan anak, mengingat pada saat kelas 1, mereka masih terbiasa dengan penjumlahan dan pengurangan.
Perkalian merupakan penjumlahan yang berulang.
Misalnya saja 2 x 3 berarti 2 + 2 + 2 = 6 atau 4 x 2 berarti 4 + 4 = 8  dst.
Tetapi bagaimana mengajarkan perkalian bagi anak yang mengalami kesulitan dalam penjumlahan berulang?
Berikut cara mudah dan sederhana mengajarkan perkalian dengan menggunakan metode garis/coretan. Meskipun metode ini lebih tepat untuk bilangan-bilangan rendah yang tidak banyak menggunakan garis-garis, namun dapat menjadi pilihan dalam memotivasi anak untuk belajar sambil berkreasi dan yang pasti menyenangkan.

Contoh, 3 x 5 = ....

caranya:
Buatlah 3 garis membujur (vertikal) dan 5 garis mendatar (garis horizontal), kemudian hitunglah titik-titik pertemuan mendatar dan membujur (titik warna merah), ternyata jumlah titik pertemuan garis ada 15 titik.
maka hasil dari 3 x 5 = 15


Contoh lain, 23 x 3 = ....


caranya:
Buatlah 2 garis dan 3 garis membujur (agak dipisahkan) dan 3 garis mendatar, kemudian hitunglah titik-titik pertemuan seperti contoh di atas (titik warna merah), ternyata jumlah titik-titik pertemuan garis mendatar dan membujur adalah 6 dan 9 (gabungkan) = 69.



maka hasil dari 23 x 3 = 69

Meskipun metode ini hanya efektif untuk perkalian satuan dengan satuan (satu angka dengan satu angka) dan puluhan dengan satuan (dua angka dengan satu angka), namun metode ini dapat menjadi alternatif.
Untuk kemudahan dalam perkalian puluhan dengan satuan, dahulukanlah membuat garis membujur baru mendatar, tetapi untuk bilangan satuan tidak masalah garis mana yang harus didahulukan, cobalah dengan soal yang lain. Sekali lagi metode ini hanya efektif untuk perkalian bilangan-bilangan rendah, baik satuan maupun puluhan. Semoga bermanfaat.

Info : 
Anda ingin mencari hasil perkalian puluhan dengan puluhan dengan mudah ? lihat daftar arsip blog.
Demi perbaikan dan koreksi, jangan lupa komentarnya, makasih atas kunjungannya.




1 komentar:

  1. mau nanya....apa udh ada buku xg dterbitkn tentang tata cara metode ini?

    BalasHapus